BABAK V 2009

BABAK (Bulan Bakti Kemanusiaan ) adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh KSR PMI unit UPI selama kurang lebih 1 bulan.

Keberadaan BABAK dimulai tahun 2004 yang diketuai oleh Taufik Firdaus dengan jenis kegiatan Sunatan Massal, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Pemeriksaan Goldar gratis, dan Donor Darah. Mulai tahun 2005 ada penambahan kegiatan baru yakni kegiatan bermain dan outbound bersama anak panti asuhan se-Bandung Raya dengan nama JUMBARA/BENDERA/KRETA API BARA.

Dokumentasi JUMBARA/BENDERA/KRETA API BARA.

Untuk tahun ini BABAK terdiri dari 4 kegiatan yaitu:

  1. Donor Darah Award, berupa penghargaan dari Rektor kepada civitas akademika UPI yang telah menyumbangkan darahnya tanpa pamrih. Kategorinya terdiri dari Dosen/Karyawan yang donor terbanyak, mahasiswa dengan donasi terbanyak dan Fakultas dengan pendonor terbanyak. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Selasa, 9 Juni 2009.
  2. KRETA API BARA (Kreatifitas Anak Panti se-Bandung Raya), yaitu kegiatan bersama anak panti asuhan se-Bandung Raya (sekitar 300 anak dari 25 panti) dalam bentuk outbound, games learning dan hiburan serta pemberian bingkisan. Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan Sabtu, 20 Juni 2009.
  3. Peringatan HANI (Hari Anti Narkotika Internasional) yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2009 dalam bentuk penyuluhan ke sekolah yang berada di Kota Bandung dengan pembicara dari pihak medis, ulama, kepolisian dsb.
  4. Pengabdian Pada Masyarakat, berupa kegiatan bakti sosial di masyarakat selama sekitar 5-7 hari dengan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan, Pemeriksaan GOLDAR gratis, Pendirian Perpustakaan Desa, Bersih Desa, Penyuluhan dan lain sebagainya. kegiatan ini Isya Allah akan dilaksanakan pada Pertengahan Juli 2009.
Untuk kegiatan sebanyak itu, kami butuh dana tidak sedikit. Oleh karena itu kami butuh bantuan dari para donatur dan sponsorship baik itu berupa uang, barang maupun jasa agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.



Posting Komentar

0 Komentar

Tentang KSR UPI

KSR PMI Unit UPI merupakan unit kegiatan mahasiswa di bawah naungan Palang Merah Indonesia dan Universitas Pendidikan Indonesia.

KSR PMI Unit mengalami beberapa kali transformasi sebelum menjadi Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Pendidikan Indonesia:

Berawal dari sebuah organisasi tingkat jurusan Biologi yang bernama Keluarga Donor Darah (KDD) Formica yang terbentuk pada tahun 1975. Pada tahun 1983 organisasi ini kemudian berkembang menjadi organisasi tingkat fakultas dengan nama KDD FPMIPA IKIP Bandung yang kemudian berkembang dan akhirnya menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas pada tahun 1985 dengan nama KDD IKIP Bandung.
Sebagaimana namanya, KDD (Keluarga Donor Darah), maka pergerakannya pun terfokus dalam bidang kedonordarahan. Namun seiring bertambahnya usia, organisasi ini memiliki berbagai bidang garapan yang diantaranya kegiatan kepalangmerahan, seperti pertolongan pertama sehingga KDD berubah nama menjadi KDD dan PPPK IKIP Bandung.

Perubahan IKIP menjadi Universitas Pendidikan Indonesia merubah pula nama organisasi ini menjadi KDD dan PPPK UPI. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Musyawarah Anggota XVII, nama organisasi mengalami perubahan lagi menjadi Korps Sukarela PMI Unit UPI (KSR PMI Unit UPI), sebagaimana yang masih digunakan hingga saat ini.