KSR PMI Unit UPI Mengadakan Malam Renungan HIV/AIDS

Korp Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Pendidikan Indonesia (KSR PMI Unit UPI) merupakan satu-satunya Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Universitas Pendidikan indonesia yang bergerak dalam bidang kemanusiaan dan kepalangmerahan.Bidang garapan dari KSR PMI Unit UPI sangat beraneka ragam mulai dari kegiatan kepalangmerahan seperti pertolongan pertama, pemberian bantuan terhadap bencana, pembinaan kesehatan masyarakat, P3NH, serta kegiatan kemanusiaan lainnya yang dilakukan di lingkungan kampus maupun lingkungan luar kampus.
Kegiatan yang akan dilakukan merupakan kegiatan malam HIV AIDS yang dilakukan tanggal 24 mei 2014, bertempat di belakang Universitas Center (UC) oleh anggota KSR PMI Unit UPI itu sendiri. Adapun ketua pelaksana dari kegiatan ini adalah Tri Pebriati.  
Pelaksanaan malam renungan HIV AIDS merupakan salah satu proker dari biso P3NH. Dua tahun silam KSR PMI Unit UPI tidak mempunyai biro tersebut dikarenakan kurangnya sumber daya manusia. Tetapi dengan bertambahnya sumber daya manusia sekarang biro P3NH diadakan lagi. 

Kegiatan malam renungan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada setiap anggota KSR betapa bahayanya ketika berhubungan dengan yang namaya HIV AIDS. HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficieny Virus. HIV adalah nama virus yang menyebabkan AIDS. Jadi bisa dibilang bahwa HIV adalah penyebab dan AIDS adalah akibatnya. Salah satu penularan HIV adalah melalui hubungan seksual. Namum saat ini yang menjadi penyebab penularan HIV adalah melalui jarum suntik, pecandu heroin yang digunakan secara bebas bergantian.

Kegiatan malam renungan HIV AIDS di isi dengan pembahasan dan penyebaran HIV AIDS, puisi renungan HIV AIDS, dan  pohon harapan. Diharapkan, dengan adanya malam renungan HIV AIDS ini bisa menjadi pengingat dan motivasi untuk selalu menjaga kesehatan dan menjauhi yang namanya HIV AIDS.(Widodo/UPI)



Posting Komentar

0 Komentar

Tentang KSR UPI

KSR PMI Unit UPI merupakan unit kegiatan mahasiswa di bawah naungan Palang Merah Indonesia dan Universitas Pendidikan Indonesia.

KSR PMI Unit mengalami beberapa kali transformasi sebelum menjadi Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Pendidikan Indonesia:

Berawal dari sebuah organisasi tingkat jurusan Biologi yang bernama Keluarga Donor Darah (KDD) Formica yang terbentuk pada tahun 1975. Pada tahun 1983 organisasi ini kemudian berkembang menjadi organisasi tingkat fakultas dengan nama KDD FPMIPA IKIP Bandung yang kemudian berkembang dan akhirnya menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas pada tahun 1985 dengan nama KDD IKIP Bandung.
Sebagaimana namanya, KDD (Keluarga Donor Darah), maka pergerakannya pun terfokus dalam bidang kedonordarahan. Namun seiring bertambahnya usia, organisasi ini memiliki berbagai bidang garapan yang diantaranya kegiatan kepalangmerahan, seperti pertolongan pertama sehingga KDD berubah nama menjadi KDD dan PPPK IKIP Bandung.

Perubahan IKIP menjadi Universitas Pendidikan Indonesia merubah pula nama organisasi ini menjadi KDD dan PPPK UPI. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Musyawarah Anggota XVII, nama organisasi mengalami perubahan lagi menjadi Korps Sukarela PMI Unit UPI (KSR PMI Unit UPI), sebagaimana yang masih digunakan hingga saat ini.