UKM KSR PMI Unit UPI Kirim Satu Delegasi ke Pelatihan PP SAR Air di Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali

 

Foto Delegasi (Pakaian Berwarna Kuning) dan Pengurus

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)


Bandung, 16 Agustus 2023 – Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Pendidikan Indonesia (UKM KSR PMI Unit UPI) dengan bangga mengirimkan partisipasi Rifat Abdul Jamil—salah satu pengurus aktif UKM KSR PMI Unit UPI, dalam kegiatan pelatihan Pertolongan Pertama Search and Rescue (SAR) Air Nasional yang diadakan oleh KSR PMI Ganesa Dharma Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali. 


Pendelegasian Rifat selain sebagai perwakilan dari KSR PMI Unit UPI, juga menjadi satu-satunya perwakilan dari KSR Perguruan Tinggi Se-Bandung Raya. Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung pada tanggal 18-25 Agustus 2023, di kampus Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali. Bertujuan untuk mengasah kemampuan dalam bidang pertolongan pertama di perairan, pelatihan ini juga menjadi forum penting bagi anggota KSR PMI dari berbagai daerah untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan.


Foto Delegasi (Pakaian Berwarna Kuning) dan Pengurus

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)


Nur Cipta Mustikasari selaku Ketua Umum KSR PMI Unit UPI menyampaikan bahwa pemberangkatan pengurus ini merupakan salah satu bentuk kesungguhan organisasi dalam mengoptimalkan kapasitas anggota dalam ilmu kepalangmerahan. Beliau turut berharap pihak Kampus Universitas Pendidikan Indonesia terus mendukung segala kegiatan positif yang diikuti dan diselenggarakan KSR PMI Unit UPI baik secara moril maupun materiil.


"Kang Abdul adalah contoh yang luar biasa dari semangat dan komitmen anggota KSR PMI Unit UPI dalam mengembangkan diri. Kami memercayai bahwa pelatihan ini akan memberikan wawasan baru dan memperkuat jalinan antar-unit KSR PMI dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” jelas Nur Cipta.


Selain itu, Biro Diklat selaku biro yang menaungi segala bentuk pendidikan dan pelatihan berharap partisipasi Rifat Abdul Jamil dalam pelatihan PP SAR Air ini akan memberikan manfaat besar bagi pengembangan pribadi dan keterampilan anggota KSR PMI Unit UPI, serta berkontribusi dalam upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas layanan dan pertolongan pertama di Indonesia.

 

Foto Delegasi (Pakaian Berwarna Kuning) dan Pengurus

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)



Untuk informasi lebih lanjut tentang UKM KSR PMI Unit UPI dan kegiatan-kegiatan mereka, mohon menghubungi:

Intagram: @ksrupi

Twitter/X: @ksrupi

Nur Cipta Mustikasari (Ketua Umum) – 08993708853

Dyah Ayu Ratna K. (Ketua Biro Diklat) - 081233750590




Posting Komentar

0 Komentar

Tentang KSR UPI

KSR PMI Unit UPI merupakan unit kegiatan mahasiswa di bawah naungan Palang Merah Indonesia dan Universitas Pendidikan Indonesia.

KSR PMI Unit mengalami beberapa kali transformasi sebelum menjadi Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Pendidikan Indonesia:

Berawal dari sebuah organisasi tingkat jurusan Biologi yang bernama Keluarga Donor Darah (KDD) Formica yang terbentuk pada tahun 1975. Pada tahun 1983 organisasi ini kemudian berkembang menjadi organisasi tingkat fakultas dengan nama KDD FPMIPA IKIP Bandung yang kemudian berkembang dan akhirnya menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas pada tahun 1985 dengan nama KDD IKIP Bandung.
Sebagaimana namanya, KDD (Keluarga Donor Darah), maka pergerakannya pun terfokus dalam bidang kedonordarahan. Namun seiring bertambahnya usia, organisasi ini memiliki berbagai bidang garapan yang diantaranya kegiatan kepalangmerahan, seperti pertolongan pertama sehingga KDD berubah nama menjadi KDD dan PPPK IKIP Bandung.

Perubahan IKIP menjadi Universitas Pendidikan Indonesia merubah pula nama organisasi ini menjadi KDD dan PPPK UPI. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Musyawarah Anggota XVII, nama organisasi mengalami perubahan lagi menjadi Korps Sukarela PMI Unit UPI (KSR PMI Unit UPI), sebagaimana yang masih digunakan hingga saat ini.